Programmatic Buying

Ketatnya persaingan di antara para pelaku bisnis online direspons oleh tumbuhnya berbagai jasa programmatic buying. Jasa ini menekankan sistem promosi/periklanan dan berupaya memaksimalkan jumlah target pemasaran secara massif. Alih-alih mengiklankan produk secara manual, cara ini terbukti lebih efektif dan efisien, baik untuk skala bisnis menengah atau yang benar-benar dikelola secara profesional.

Tren Media Sosial

Perkembangan media sosial di Indonesia sangatlah mengesankan. Dewasa ini, rata-rata masyarakat di perkotaan, pinggiran, hingga pedesaan sudah terbiasa dengan berbagai jenis media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Artinya, peluang memasarkan produk pun semakin terbuka luas karena kecenderungan pengguna internet yang lebih memilih model-model aktivitas yang terhubung langsung dengan gadget mereka. Contohnya adalah transaksi jual beli di dunia maya berbasis media sosial.

Keuntungan Menggunakan Jasa Programmatic Buying

Oleh sebab itu, peran jasa programmatic buying semakin menguat akhir-akhir ini karena banyak pemain bisnis yang melebarkan sayap mereka ke jejaring media sosial. Ada banyak sekali keuntungan dari pemanfaatan jasa ini seperti:

a) Ketepatan Menjangkau Segmen

Dibandingkan dengan model promosi/pemasaran konvensional yang cenderung membidik pasar secara massif, strategi programmatic advertising/buying jelas akan lebih tepat menjangkau segmen. Misalnya pemasangan iklan di Facebook. Para pengguna Facebook yang jumlahnya tersebar di tanah air akan langsung bisa mengetahui bahwa ada produk yang sekiranya sesuai kebutuhan mereka. Hal itu disebabkan oleh sistem Facebook yang secara otomatis akan menyaring iklan berdasarkan kategori atau kecencerungan si pemilik akun selama menggunakannya.

Selain memasang iklan di Facebook, metode lain yang sangat efektif adalah memasang AdWords expert. Dengan menggunakan layanan Adwords yang telah bersertifikasi, ada lebih banyak keuntungan bagi pengelola bisnis online yang mengelolanya. Beberapa di antaranya ialah menampilkan langsung produk (berdasarkan relevansi dengan keyword yang diketik) di halaman pertama Google, akses cepat, dan terdata secara rapi oleh Google.

b) Membangun Reputasi dengan Profil Sosial

Pastinya, punya sebuah akun media sosial dengan jumlah anggota atau pengikut yang sangat besar akan membantu membangun reputasi bisnis. Profil sosial di ruang maya wajib dibuat secara profesional sehingga orang yang baru pertama kali melihatnya akan menaruh kepercayaan pada produk/jasa dari bisnis tersebut.

c) Teknologi Pemasaran Terbaru

Dengan sistem yang lebih canggih, proses promosi dan pemasaran pun bisa berlangsung lebih taktis serta mampu mengantisipasi setiap risikonya. Sudah pasti bahwa sebuah jasa programmatic buying profesional akan menggunakan sejumlah alat dan sistem yang melindungi dari bahaya cybercrime.

d) Social Media Audit

Pemakaian media sosial sebagai alat promosi dan pemasaran membantu memudahkan proses audit dan evaluasi bisnis. Semuanya sudah terekam dengan baik dalam database yang bisa dikelola secara mudah.

e) Competitive Analysis

Makin banyaknya para pesaing di dunia maya menimbulkan sebuah kesadaran untuk selalu menyesuaikan diri dengan tren pasar yang berlangsung. Analisis yang lebih mendalam semakin dimungkinkan dengan teknik programmatic advertising/buying yang diterapkan.

f) Pengembangan Website

Jika sudah punya basis pasar di dunia maya, tinggal memantapkannya dengan pembuatan dan pengelolaan website profesional. Apalagi jika tujuannya adalah membangun sistem pemasaran yang lebih luas serta didukung oleh teknologi marketing online yang lebih canggih.

g) Efisiensi Anggaran Pemasaran

Anggaran untuk promosi dan pemasaran pun semakin efisien. Pasalnya, targetnya sudah jelas karena telah dikategorisasikan secara otomatis oleh internet. Misalnya saja biaya pemasangan iklan di Facebook yang bisa dipilih sesuai paket dan fasilitas yang tersedia.